Jumat, 19 Oktober 2012

Instalasi Mikrotik v.5 di VMware


Untuk pertemuan kali ini kita akan bertemu dengan Mikrotik OS. Bagi anda-anda sekalian yang belum mengetahui apa itu mikrotik, maka akan saya jelaskan dulu. Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot.
Oke mungkin untuk mempersingkat waku saja, mari kita mulai langkah-langkah bagaimana caranya menginstalasi Mikrotik OS.

1.      Langkah pertama klik menu file - pilih New Virtual Machine, setelah itu klik next.



2.      Lalu di sini kita disuruh milih, mau nginstall melalui CD-Rom apa nginstall dalam bentuk image (.iso). Kalau saya di sini akan nginstall melalui image, Jika ingin nginstall melalui image maka pilih direktori dimana anda menyimpan image tersebut. Lalu pilih next.



3.      Karena VMware tidak bisa langsung mendeteksi Mikrotik maka kita harus memilih OS nya secara manual, pilih saja other dan versionnya juga other.



4.      Lalu beri nama virtual machinenya, apabila anda ingin mengganti letak instalasi Mikrotiknya maka klik browse. Setelah itu klik next.



5.      Masukkan kapasitas Hard disk sesuai kebutuhan kita.



6.      Konfigurasi di VMware pun sudah selesai, proses selanjutnya adalah proses instalasi Mikrotik.



7.      Tunggu sebentar, pada menu ini kita disuruh milih paket apa saja yang akan kita install. Untuk keterangan paketnya bisa klik di sini.




8.      Jika kita ingin menginstall semua paket maka pencet huruf “a” pada keyboard. Setelah itu pencet huruf “i” untuk memulai menginstall.



9.      Apabila ada keterangan partisi akan dihapus maka pilih saja “y”.



10.  Tunggu beberapa saat maka proses instalasi pun telah selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar